Rabu, 24 November 2010

Agate Stone atau Batu Akik




Batu agate atau agaat adalah batu utama dari keluarga batu-batu calcedon dan di indonesia terkenal dengan nama batu akik.

Batu akik ini dapat dikatakan tersebar di seluruh dunia. Warnanya pun tidak satu macam, dari merah sampai putih susu, biru sampai hitam pekat. Biasanya batu akik terdapat garis-garis dengan warna yang berbeda seperti coretan, lingkaran atau urat. Batunya keras, nilai kerasnya 7 berdasarkan daftar keras Mohs. Walaupun batu ini amat keras, batu ini juga bisa retak atau lecet jika terkena benda-benda kasar atau tajam. Batu akik juga bisa retak jika dibiarkan terjemur pada cuaca yang panas. Untuk menjaga batu ini cukup meletakkan di tempat yang dingin dan gelap sudah cukup aman.

Akik sutera, bening dan menembus jika dipandang lama-lama dan agak tampak seperti ada sehelai sutera dalam batu.
Akik cempaka berwarna merah pinang matang, kuning emas. Batu akik cempaka terdapat di bali, pulau2 sunda kecil dan maluku.

Batu akik banyak ditemukan di Brasil, Uruguay dan Amerika. Banyak produk-produk yang terbuat dari batu akik berasal dari Jerman (negara yang menjadi pusat pemosresan batu akik).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...